Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadapi Musim Penghujan, SDA Jakarta Timur Siagakan 1.156 Satgas

 

Dalam mengantisipasi terjadinya genangan atau banjir saat musim penghujan, jajaran Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Timur menyiagakan 1.156 Satgas (Satuan Tugas) pasukan biru. Mereka disebar di 10 kecamatan dan di kantor Sudin.

Para petugas tersebut nantinya diterjunkan ke sejumlah lokasi genangan/banjir. Mereka harus selalu siap siaga membantu warga yang membutuhkan pertolongan. Mulai dari membantu evakuasi perabot rumah tangga milik warga, evakuasi warga hingga membersihkan sampah dan lumpur pasca banjir atau genangan serta kegiatan lain yang dibutuhkan masyarakat.

“Selain menyiagakan Satgas SDA sebanyak 1.156 orang, kita juga menyiagakan operator pompa sebanyak 149 orang. Seluruhnya sudah terlatih dan siap melakukan penanganan banjir, baik sebelum, saat terjadi banjir hingga pasca banjir/genangan,” kata Kasudin SDA Kota Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, Selasa (7/11/2022).

Dari sisi peralatan, SDA Jakarta Timur menyiapkan alat berat sebanyak 42 unit untuk pengerukan waduk, embung dan saluran penghubung maupun kali. Ada 89 unit dump truck untuk pengangkutan lumpur, di antaranya dengan kapasitas muatan lima kubik yang berjumlah 49 unit. Sudin SDA juga menyiapkan self loader, crane, combi besar dan combi kecil, masing-masing satu unit ditempatkan di kantor Sudin SDA Jakarta Timur.

Post a Comment for "Hadapi Musim Penghujan, SDA Jakarta Timur Siagakan 1.156 Satgas"