Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wali Kota Tinjau Progres Pengerukan Sedimentasi Agrowisata Cilangkap

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar melakukan peninjauan progres pengerukan Longstorage Agrowisata Cilangkap oleh Sudin SDA Jakarta Timur, Selasa (25/10/2022).

Dalam kunjungan itu, Wali Kota berpesan agar selama pengerukan tidak ada aliran air yang ditutup ke Waduk Cilangkap. Tidak seperti kejadian beberapa waktu lalu, ketika RW 02 Kelurahan Cilangkap kebanjiran karena ada penutupan aliran.

“Saat terjadi banjir kemarin, di wilayah RW 02 Kelurahan Cilangkap, ternyata aliran air ke Waduk Cilangkap ditutup karena alasannya dari SDA (Sumber Daya Air) Kecamatan ada kegiatan normalisasi. Saya kira itu jangan menjadi alasan fungsi waduk tetap harus berjalan jangan ditutup, dan normalisasi juga bisa dilakukan agar tidak terjadi akibat yang buruk ke warga seperti yang kemarin terulang kembali,” tegas Wali Kota.

Wali Kota menjelaskan, Waduk Cilangkap merupakan satu kesatuan dengan Waduk Munjul, yakni kegiatan normalisasi saluran wilayah Jakarta Timur dalam rangka menanggulangi genangan dan banjir.

“Pengerjaan pengerukan di Long Storage ini merupakan lanjutan dan masih satu kesatuan dari Waduk Munjul dalam rangka menanggulangi genangan dan banjir di wilayah Jakarta Timur. Intinya kami sedang membenahi di hulunya, pengerukan waduk demi menambah kedalamannya agar bisa menampung debit air,” ujar Wali Kota.

Dengan adanya normalisasi saluran, waduk dan setu serta mengembalikan fungsi waduk, Wali Kota yakin, saat intensitas hujan deras atau tinggi waduk dapat menampung debit air.

“Serta kita atur pembuangannya melalui pintu di waduk,  lepas sedikit demi sedikit agar aliran ke hilirnya tidak terlalu deras dan menumpuk untuk mencegah terjadinya genangan atau banjir di wilayah Jakarta Timur,” katanya.

Post a Comment for "Wali Kota Tinjau Progres Pengerukan Sedimentasi Agrowisata Cilangkap"