Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puskesmas Kecamatan Cipayung Diresmikan Rumah Kesehatan Ibu dan Balita


Sekretaris Kecamatan Cipayung Dodo Supendi meresmikan penggunaan Rumah Kita (Rumah Kesehatan Ibu dan Balita) di Sekretariat RW 10, Kelurahan Lubang Buaya, Rabu (21/9/2022). Rumah Kita merupakan inisiasi dari Puskemas Kecamatan Cipayung dalam peningkatan kesehatan bagi warga masyarakat.

“Mudah-mudahan ini menambah fasilitas untuk ibu hamil yang mengecek kesehatan bayi di dalam kandungan secara gratis. Ini adalah salah satu inovasi yang diberikan Puskesmas Kecamatan Cipayung dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat,” kata Dodo.  

Rumah Kita memiliki fasilitas hibah alat USG dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama Puskesmas Kecamatan Makasar. Alat itu sudah bisa digunakan untuk warga Kecamatan Cipayung yang ingin memeriksa kehamilan mereka.

Sementara itu, hadirnya Rumah Kita diharapkan Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung, Endang Sri Wahyuningsih, dapat mencegah dan menanggulangi stunting. Selain juga untuk membantu melayani kesehatan sang ibu.

“Seperti yang  kita ketahui saat ini Posyandu masih lebih banyak melayani kesehatan balita saja, kami mengembangkan layanan dengan menghadirkan pemeriksaan USG untuk ibu hamil,” terang Endang.

Di Rumah Kita, tak hanya tersedia layanan untuk ibu tapi juga digelar coaching clinic untuk keluarga balita stunting, kelas pembuatan makanan bayi dan balita, kelas bercocok tanam yang akan dilatih ahli pertanian dari Universitas Respati Indonesia, serta tentang perilaku hidup bersih dan sehat keluarga.

“Harapannya, dengan diciptakannya Rumah Kita dapat mewujudkan Kecamatan Cipayung zero stunting," pungkasnya.

Post a Comment for "Puskesmas Kecamatan Cipayung Diresmikan Rumah Kesehatan Ibu dan Balita"