Uji Coba Angkutan Feeder Berbasis Listrik Terintegrasi Tron Shuttle di Luncurkan

 


Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) bekerjasama dengan operator Trans Mikro Bersama, meluncurkan uji coba angkutan pengumpan berbasis listrik terintegrasi bernama TRON Shuttle, dimana angkutan dengan tipe minivan ini terintegrasi dengan Stasiun Duri yang bertujuan langsung (direct) sampai ke Taman Baharia Pantai Indah Kapuk (PIK 2).

Acara peluncuran yang dihadiri oleh Bpk Budi Setiyadi, Staff Utama Menhub Bidang Transportasi Darat dan Konektivitas, Bpk Syafrin Liputo, Kadishub DKI Jakarta, Bpk M Risal Wasal, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Ditjen Perhubungan Perkeretaapian, Bpk David Santoso, Direktur Utama PT TRON, Bpk Achmad Izzul Waro, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta, Bpk Shafruhan Sinungan, Ketua DPD Organda DKI Jakarta, mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat.

David Santoso, CEO TRON mengatakan “Salah satu tujuan angkutan khusus ini adalah untuk memudahkan masyarakat sehingga cukup 1 kali transit, khususnya bagi karyawan yang bermobilisasi dan bekerja di daerah sekitar PIK agar dapat lebih menghemat waktu dan biaya dalam perjalanan. Angkutan khusus TRON Shuttle ini dilengkapi dengan beragam perangkat IoT untuk pengawasan kendaraan dan kenyamanan penumpang. Beberapa teknologi canggih yang ada di kendaraan seperti GPS, CCTV, kamera sensor Jalan (ADAS), kamera sensor pengawasan pengemudi (DSM), LED, serta perangkat Tap on Bus untuk pembayaran non tunai.

Tipe unit kendaraan yang beroperasi berbasis listrik (electronic vehicle), namun ada juga dengan tipe berbahan bakar minyak (BBM). Adapun rencana pemberlakuan tarif flat jauh dekat pada masa uji coba sebesar Rp 10,000, sementara untuk tarif unit listrik diberikan gratis selama periode promosi, dimana untuk transaksi pembayaran adalah cashless penumpang cukup menyiapkan kartu non tunai. Perjalanan penumpang akan terasa lebih eksklusif karena kapasitas kendaraan maksimal 9 orang dengan jarak waktu antar kendaraan (headway) per 15 menit

0 komentar

Post a Comment