Taman Margasatwa Ragunan, Walau Ditutup Semua Dalam Perawatan Terbaik Dari Fasilitas dan Satwa Didalamnya

Taman Margasatwa Ragunan

Di masa mewabahnya Covid-19, sejumlah kawasan wisata di DKI Jakarta ditutup sementara, termasuk Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang telah ditutup sejak 14 Maret 2020.
.
Penutupan TMR dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19. Selama penutupan dilakukan, hal tsb berimbas pada pemasukan TMR, krn tidak ada pengunjung.
.
Meski begitu, pengelola TMR tetap memperhatikan perawatan seluruh satwa maupun seluruh fasilitasnya. Perawatan yang dilakukan terhadap satwa, tidak hanya sekedar memberikan makan, namun juga diberikan vaksin, dan yang tidak kalah penting yaitu menjaga kebersihan kandang satwa.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana menerangkan, petugas dengan rutin memberi makan satwa-satwa, menjaga kebersihan kandang dan memberi vaksin kepada satwa.


"Sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta diberlakukan pada 10 April 2020, Pemprov DKI telah menutup Taman Margasatwa Ragunan bersama 16 kawasan wisata lainnya sejak 14 Maret 2020 sebagai antisipasi penyebaran COVID-19," ujarnya.

Menurut Ketut, Taman Margasatwa Ragunan memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah untuk karyawannya. Namun, untuk petugas kebersihan, perawat satwa, tenaga medis dan keamanan tetap masuk dengan cara bergiliran.

Hal ini dilakukan untuk memastikan satwa-satwa koleksi Kebun Binatang milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap terawat dengan baik.

TMR juga mempunyai tim medis khusus yang mengecek kesehatan satwa rutin setiap hari, dengan berkeliling dan memberikan laporan. Selain memantau kesehatan dan pasokan makanan mencukupi, petugas kebersihan juga secara rutin dikerahkan untuk membersihkan kandang satwa menggunakan karbol dan juga cairan disinfektan.

Adanya PSBB membuat kondisi taman margasatwa ragunan lebih asri, menjadi lebih rimbun dan hijau serta udara terasa lebih segar tanpa adanya polusi.

0 komentar

Post a Comment