Harga Tiket Masuk Curug Gondoriyo Semarang



Kota Semarang memiliki destinasi wisata alam baru berupa air terjun yang wajib dikunjungi. Air terjun tersebut adalah Curug Gondoriyo, yang berlokasi di Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. 

Curug ini berada di tengah perkampungan warga sehingga aksesnya sangat mudah dicapai. "Curug ini sudah ada sekitar beberapa tahun lalu, namun belum dikenal warga. Setelah BPBD mengakseskan Sungai Beringin, curug dinilai bisa jadi tempat wisata," ucap Ketua Pokdarwis Curug Gondoriyo, Arifin (42), Selasa (12/2/2019).

Curug setinggi sekitar 15 meter ini berasal dari Sungai BSB (Bukit Semarang Baru) dan menyambung ke Sungai Beringin. Tempat ini menawarkan keindahan curug dengan pemandangan alam yang masih asri dan hijau. 

Pengunjung akan disambut dengan pemandangan air terjun dari tempat parkir. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung bisa melalui anak tangga yang dibuat oleh pengelola sekitar 200 meter. 

"Yang ditawarkan curug ini selain ecowisata air terjun ada banyu anyes, yang airnya akan tetap dingin atau anyes walaupun pas musim pasang. Lalu ada Talang Londo, merupakan saluran air yang menggunakan kayu jati dan sudah berumur 100 tahun,"


Selain itu, Arifin juga menambahkan di Curug Gondoriyo juga ada jembatan mak comblang.Jembatan dari bambu ini diberi nama Mak Comblang karena menyambungkan Kelurahan Gondoriyo dan Beringin.

Kemudian di bagian atas dipasangi payung warna-warni serta lampu taman yang akan menyala di malam hari. Yang menarik dari tempat ini adalah curug dibuka sampai jam 12 malam. 

"Saya mengandalkan selfie lampu, saya pasang 16 lampu di air terjun, sebelumnya saya studi banding di Semarang Bridge Fountain yang air terjun menari itu. Terus di taman juga saya pasang lampu seperti yang ada di Taman Indonesia Kaya Semarang," imbuh Arifin.


"Bagus tempatnya, saya malah baru tahu kalau di sini ada curug. Kebetulan saya lagi survey kesini," ucap Amin (40) pengunjung Curug Gondoriyo. Curug ini baru melakukan soft launching pada hari Minggu (10/2/2019) lalu dan akan diresmikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihardi pada Minggu (17/2/2019) mendatang. 

Untuk sementara pengelola menetapkan harga tiket masuk sebesar 10k sudah termasuk souvenir, jam buka air terjun ini mulai pukul 08.00 - 24.00.Nah bagi yang penasaran bisa datang langsung ke Curug Gondoriyo Ngaliyan. 

Jaraknya bisa ditempuh sekitar 45-60 menit dari Kota Semarang. Rutenya dari Tugu Muda menuju arah bundaran Kalibanteng lalu Jalan Semarang-Kendal, saat tiba di Traffic Light Tugu ambil arah ke Jalan Prof Hamka, lurus terus dan ambil jalan ke arah Masjid Kapal dari sini sudah tidak jauh keberadaan curug gondoriyo.

Sumber:trimbun.com

0 komentar

Post a Comment