Pendaki Hilang di Gunung Lawu, Apakah di Serang Binatang Buas?

Foto via@jejak_pendaki
Seorang pendaki asal Magelang yang hilang di Gunung Lawu, Alvi Kurniawan, masih belum ditemukan. Berbagai dugaan pun muncul, salah satunya terkait adanya serangan dari hewan buas. Populasi hewan buas memang diketahui masih banyak yang hidup di Gunung Lawu. Hal tersebut dibuktikan dengan kemunculan macan tutul yang menyerang hewan ternak warga di lereng Gunung Lawu dalam dua bulan terakhir.

Namun demikian, Koordinator Basarnas Pos Surakarta, Arif Sugiarto, menepis dugaan tersebut. Menurutnya, hewan buas biasanya hidup jauh dari jalur pendakian. "Hewan buas memang masih ada. Tapi pendaki itu jarang sekali melihat. Hewan pasti menjauh dari jalur pendakian," kata Arif, Selasa (9/1/2019).

Pihaknya mengaku telah mencari Alvi dengan cara menyisir secara tuntas di sepanjang jalur pendakian. Tak hanya di jalur Candi Cetho yang dilewati Alvi, namun juga jalur lain, seperti Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. "Semuanya sudah disisir, dari pos tiga, dari Pasar Dieng, dari puncak Hargo Dumilah, turun masih disisir lagi. Tak hanya diulang-ulang, tapi terus diperlebar jangkauannya," ujarnya.

Sementara itu, Humas Basarnas Surakarta, Yohan Tri Anggoro, juga memastikan tim telah menyisir sampai ke jurang-jurang. Namun hasilnya tetap nihil. "Sudah turun ke bawah (jurang) tapi belum menemukan tanda-tanda," katanya.

0 komentar

Post a Comment