Pendaki Dengan GROWTH MINDSET


Growth Mindset adalah cara berfikir bahwa segala sesuatu sangat mungkin bisa dicapai dengan bekerja keras, pembelajaran dan menggunakan berbagai sumber.

Kim Chang-Ho(alm), pendaki asal Korea Selatan yang baru saja tewas setelah terhempas badai di Himalaya, adalah salah satu pendaki yang berhasil menanamkan GROWTH MINDSET di dalam karir pendakiannya.

Namanya telat tercatat dalam jajaran elite pendaki dunia setelah berhasil menaklukan 14 puncak tertinggi di Himalaya hanya dalam waktu 7 tahun 10 bulan 6 hari. Ini adalah waktu yang singkat dan tercepat untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi di atas ketinggian 8000 meter. Kim juga tercatat sebagai pendaki yang menaklukan everest tanpa menggunakan masker oxygen.

Kim telah membuktikan bahwa sesuatu yang nampaknya sulit dicapai ternyata bisa dipelajari dan ditaklukan, tentunya dengan usaha yang keras tanpa mengenal lelah.

Growth mindset juga mengajarkan kita membangun kekuatan mental dan mengupayakan diri untuk terus berkembang.

Satu hal yang perlu juga diingat adalah tidak ada hubungannya IQ seseorang dengan kesuksesan. Seringkali ketika kita merasa diri kita lebih pintar, maka yang terjadi justeru kita cenderung sulit menerima perubahan, malu untuk bertanya dan gengsi untuk mengakui bahwa ada cara-cara yang lebih baru dan efektif untuk bisa diterapkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Mari tanamkan GROWTH MINDSET dalam kegiatan yang kita cintai ini, semoga akan lahir banyak pendaki dari tanah air yang juga meraih kesuksesan dan prestasi tingkat dunia.

By : Edy Prabowo

0 komentar

Post a Comment