Biaya Pendakian Gunung Lawu


Estimasi Biaya Mendaki Gunung Lawu – Gunung Leuser Lawu adalah salah satu gunung yang ada di Pulau Jawa, letaknya di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini membentang ditiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Kabupetan Magetan dan Kabupaten Ngawi (Jawa Timur).

Gunung berapi yang memiliki status mati atau istirahat ini memiliki ketinggian 3.265m dpl yang mana begitu populer di kalangan para pendaki. Selain banyak diminati oleh para pendaki dengan keindahan alamnya yang memukau. Gunung Lawu juga banyak digunakan untuk peziarah terutama pada malam 1 Suro. Bagi kamu yang ingin mengadakan kegiatan pendakian di Gunung Leuser Lawu. Maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Leuser Lawu yang bisa kamu persiapkan.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Lawu
Gunung Leuser Lawu memang sangat populer di kalangan para pendaki. Lokasi ini dijadikan sebagai salah satu jalur pendakian yang memiliki tingkat kesulitan yang sedang. Di Gunung Lawu sendiri memiliki 3 puncak yang bisa kamu datangi, yaitu Puncak Hargo Dumilang, Puncak Hargo Dalem, dan Puncak Hargo Dumiling. Dari ketiga puncak tersebut, Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu.

Selain memiliki tiga puncak yang bisa dijajaki, Gunung Leuser Lawu juga memiliki destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Misalnya saja seperti Telaga Sarangan yang berada di lereng Gunung Leuser Lawu, Cemorosewu dan juga Tawangmangu. Tidak hanya itu saja, di puncak gunung kamu akan menemui sejumlah pemukiman warga yang menyediakan fasilitas penunjang untuk para pendaki seperti basecamp, warung makan, dan lain-lain.

Sementara itu, jalur pendakian Gunung Leuser Lawu sendiri tersedia 2 jalur yang bisa kamu pilih yaitu Cemorosewu yang ada di daerah Sarangan serta Cemorokandang yang ada di daerah Tawangmangu. Namun umumnya pendaki lebih banyak memilih jalur Cemorosewu yang lebih mudah, cepat, dan treknya pun lebih stabil  karena sering diramaikan akan kunjungan wisatawan atau para pendaki.

Untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan mendaki ke Gunung Leuser Lawu, maka kamu akan melewati 5 pos untuk sampai ke Puncak Lawu. Namun sebelum itu, berikut rincian daftar estimasi biaya mendaki Gunung Leuser Lawu yang bisa kamu gunakan sekaligus kamu siapkan mulai dari sekarang.

Biaya Mendaki Ke Gunung Lawu
Untuk bisa sampai ke lokasi Gunung Leuser Lawu, maka berikut rute sekaligus daftar estimasi biaya transportasi yang bisa kamu ketahui. Pertama, kamu bisa memilih menggunakan kereta api jurusan Jakarta – Solo. Kamu bisa menggunakan kereta api dengan nama Brantas dan Matarmaja. Untuk biaya atau tarifnya sendiri sekitar Rp 140.000. Rp 160.000
Untuk yang kedua, pilihan lain bisa kamu jatuhkan dengan menggunakan angkutan bus umum. Kamu bisa menggunakan bus arah Jakarta – Solo. Gunakan bus patas agar lebih mempersingkat waktu sekaligus biaya, untuk tarif sekitar Rp 150.000. Setelah sampai di terminal Solo, perjalanan masih harus kamu lanjutkan dengan menggunakan kendaraan umum sejenis bus mini.

Dari terminal Palur Solo kamu bisa menggunakan jenis bus apa saja yang mengarah ke Tawangmangu. Jaraknya sendiri tidak terlalu jauh, sedangkan untuk tarifnya sekitar Rp 10.000 – 15.000. Setelah sampai di terminal Tawangmangu untuk bisa sampai ke basecamp 1. Maka gunakan jasa ojek setempat dengan tarif yang telah ditentukan yaitu sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000. Jika ingin lebih murah maka kamu bisa minta tebengan kendaraan lain yang sedang melintas.


Selain estimasi biaya transportasi ke Gunung Leuser Lawu, kamu juga akan dikenakan tarif pendakian dan pendaftaran Simaksi sebesar Rp 15.000/pendaki. Tunggu apa lagi, persiapkan segala biaya di atas untuk mempermudah kegiatan pendakian ke Gunung Leuser Lawu, Jawa Tengah.

0 komentar

Post a Comment