Biaya Pendakian Gunung Latimojong

Foto:@kribokrn 

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Latimojong – Nama Gunung Latimojong mungkin sudah sangat populer di kalangan pendaki. Gunung Latimojong adalah salah satu gunung yang berada di Kabupaten Enrekang Provinsi Selawesi Selatan. Latimojong sendiri merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian mencapai 3.478m dpl. Dengan ketinggiannya yang menjulang membuat nyali para pendaki seakan tertantang untuk menjajakan kaki mencapai Puncak Latimojong.

Gunung Latimojong sendiri membentang dari arah selatan ke utara dan melewati empat kabupaten yaitu Kabupaten Enrekang, Tana Toraja, Sidenreng Rappang, dan Kabupaten Lawu hingga di pinggir Teluk Bone. Jika diperhatikan gunung ini membentuk bentangan yang cukup luas dengan Puncak Rante Mario yang menjadi andalannya. Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Latimojong. Berikut estimasi biaya mendaki Gunung Latimojong yang bisa kamu persiapkan.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Latimojong
Gunung Latimojong masuk ke dalam The Seven Summits of Indonesia, tidak heran jika gunung ini menjadi incaran di kalangan para pendaki. Meskipun tergolong bukan gunung berapi, namun jangan salah, medan pendakiannya yang cukup menantang akan membuat nyali diuji saat melakukan pendakian di sana.

Meskipun letaknya jauh dari Pusat Kota Makassar, namun secara akomodasi sudah banyak kendaraan yang melintasi jalan Pegunungan Latimajong. Jadi kamu tidak perlu kuatir dengan transportasinya. Di Gunung Latimojong sendiri memiliki tujuh puncak yang bisa kamu daki yaitu Puncak Buntu Sinaji, Sikolong, Latimojong, Bajaja, Nenemori, Rante Kambola dan yang tertinggi adalah Rante Mario.

Di Puncak Rante Mario inilah kamu bisa menyaksikan keindahan Kota Makassar dari puncak tertingginya. Untuk mencapai Puncak Rante Mario hanya terdapat satu jalur pendakian saja. Namun sebelum mencapai puncak tertinggi Gunung Latimojong tersebut, ada beberapa rute perjalanan yang bisa kamu gunakan. Rute ini sekaligus membahas estimasi biaya mendaki ke Gunung Latimojong secara lengkap dan detail.

Biaya Mendaki Ke Gunung Latimojong
Seperti biasanya untuk mencapai lokasi Gunung Latimojong, kamu harus menempuh perjalanan yang begitu panjang. Kali ini perjalanan akan dimulai dari Ibukota Jakarta, kamu bisa menggunakan transportasi udara dengan pilihan maskapai rute Jakarta – Makassar. Untuk menghemat ongkos perjalanan, maka kali ini pilihan menggunakan maskapai Lion Air jadi pilihannya. Tarif maskapai ini lebih murah dibandingkan yang lain yaitu sekitar Rp 656.700.
Setelah sampai di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, perjalanan masih harus dilanjutkan menuju Kabupaten Enrekang dengan menggunakan bus antar kota. Kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat untuk menuju terminal Biringkanaya. Silahkan cari bus dengan jurusan Enrekang – Tana Toraja. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 125.000 – Rp 150.000, tergantung bus yang kamu gunakan.

Setelah tiba di Enrekang perjalanan akan dilanjutkan menuju Desa Karangan, biasanya para pendaki menggunakan jasa penyewaan Jeep setempat. meskipun lebih mahal, namun perjalanan akan lebih cepat. Tarifnya sendiri sekitar Rp 600.000 – Rp 1.000.000/Jeep, sebaiknya lakukan negosiasi untuk mendapatkan tarif yang lebih murah lagi.

Jika sudah sampai di Desa Karangan, kamu akan disuruh melakukan pendaftaran di Simaksi sekaligus membayar tiket pendakian Gunung Latimojong sebesar Rp 10.000/pendaki. Di sana orangnya sangat ramah, selain itu banyak warga yang menawarkan jasanya sebagai pemandu pendakian. Jika ingin menggunakan jasa Guide, kamu perlu menambahkan biaya lagi.


Sebelum berangkat melakukan pendakian di Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan. Maka rincian daftar estimasi biaya mendaki ke Gunung Latimojong di atas bisa menjadi perkiraan kamu akan biaya yang dibutuhkan selama kegiatan pendakian berlangsung. Biaya di atas hanya untuk estimasi transportasi dan juga tiket pendakian ke Gunung Latimojong saja.

0 komentar

Post a Comment