Biaya Pendakian Gunung Kelud

Foto: @anuakbar_

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kelud – Kegiatan mendaki gunung kini tak hanya dilakukan oleh mereka yang sudah profesional saja. Melainkan untuk kamu para pendaki pemula pun juga bisa mencoba kegiatan seru yang satu ini. Kali ini mendaki gunung bisa kamu lakukan disalah satu gunung berapi yang ada di Jawa Timur. Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi di Jawa Timur yang memiliki status aktif hingga saat ini dan cocok untuk mendukung kegiatan pendakian.

Layaknya Gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah, Gunung Kelud juga memiliki kekhasan yang bisa dinikmati. Gunung yang hanya memiliki ketinggian 1.731m dpl ini sangat cocok untuk kegiatan pendakian bagi para pemula. Medannya yang tidak terlalu sulit, membuat para pendaki lebih mudah untuk mencapai Puncak Gunung Kelud. Untuk kamu yang ingin mencoba sensasi pendakian ke Gunung Kelud, berikut ada estimasi biaya mendaki Gunung Kelud yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kelud
Gunung Kelud yang memiliki ketinggian lebih pendek dibandingkan gunung-gunung berapi di Jawa Timur lainnya. Namun, gunung ini tetap populer di kalangan para pendaki, hutannya yang masih lebat, kecantikan kawah gunung yang begitu mempesona sekaligus anakan Gunung Kelud yang mengeluarkan pijarnya. Membuat Gunung Kelud memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pendaki maupun wisatawan manca.

Selain menjadi andalan wisata di Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri, Gunung Kelud memiliki tiga puncak yang bisa kamu datangi yaitu Puncak Kelud yang ada di sisi timur, Puncak Sumbing yang ada di sisi selatan, dan Puncak Gajahmungkur yang ada di sisi barat. Untuk bisa mencapai puncak-puncak tersebut, tersedia dua jalur pendakian yang bisa kamu gunakan yaitu jalur pendakian Tulungrejo dan jalur pendakian Karangrejo.

Kedua jalur pendakian tersebut hanya bisa di akses melalui Kabupaten Blitar saja. Di mana keduanya memiliki karakter medan yang berbeda. Untuk jalur pendakian Tulungrejo, umumnya lebih ramai dikunjungi karena medannya yang lebih mudah dan lebih dekat. Namun untuk jalur pendakian Karangrejo memiliki jalur lebih panjang dengan medan area yang lebih terjal. Untuk lebih mudah sampai ke Puncak Kelud, sebaiknya pilih jalur pendakian via Tulungrejo saja.
Sebelum bergegas untuk melakukan pendakian di Gunung Kelud Jawa Timur, alangkah lebih baik jika kamu mempersiapkan segala kebutuhan mulai dari sekarang. Tidak hanya kebutuhan fisik dan perlengkapan saja, namun persiapan biaya juga harus diperkirakan secara detail. Berikut rincian daftar estimasi biaya mendaki ke Gunung Kelud Kediri – Blitar.

Biaya Mendaki Ke Gunung Kelud
Karena Gunung Kelud berlokasi di Jawa Timur, maka perjalanan bisa kamu mulai dari Pusat Surabaya. Kali ini kamu bisa menggunakan bus antar kota agar lebih mudah. Cari bus dari terminal mana saja dengan jurusan Surabaya – Blitar. Untuk tarifnya sendiri cukup terjangkau yaitu Rp 30.000 – Rp 45.000, tergantung bus yang kamu gunakan. Setelah sampai di terminal Blitar, silahkan cari angkutan umum untuk menuju Kecamatan Tulungrejo.

Untuk menghemat waktu, kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat meskipun biayanya lebih tinggi yaitu sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000. Namun sebelum menggunakan jasa ojek, biasakan untuk melakukan negosiasi agar tidak mendapatkan tarif termahal. Mintalah untuk diturunkan di gardu pendakian Gunung Kelud. Sesampainya di sana setiap pendaki wajib melakukan pendaftaran Simaksi. Untuk tarifnya sendiri belum diberlakukan, jadi para pendaki tak perlu mengeluarkan uang lagi.


Dengan estimasi biaya mendaki Gunung Kelud lengkap di atas, setidaknya kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan pendakian ini. Biaya di atas belum termasuk biaya kebutuhan lain. Jadi kamu masih harus menambahkannya dengan biaya-biaya lainnya.

0 komentar

Post a Comment