Biaya Pendakian Gunung Ciremai

Foto:@syidik_sulis

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Ciremai – Menikmati keindahan panorama alam pegunungan memang menjadi salah satu kenikmatan yang tiada tara. Tak hanya dilakukan oleh para pendaki gunung saja, melainkan kamu pun juga bisa melakukan aktivitas yang satu ini. Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung yang ada di Jawa Barat, tepatnya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Pesona keindahannya yang begitu memukau, membuat Gunung Ciremai banyak dijadikan sebagai lokasi pendakian terbaik yang ada di Jawa Barat. Tidak heran jika lokasi ini selalu dipadati oleh para wisatawan. Baik mereka yang akan melakukan pendakian atau para wisatawan yang hanya menikmati keindahannya saja. Untuk kamu yang ingin mencoba tantangan mendaki ke Gunung Ciremai. Maka berikut daftar estimasi biaya mendaki Gunung Ciremai yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Ciremai
Gunung Ciremai yang banyak dijadikan sebagai lokasi pendakian sekaligus wisata liburan setempat, menjadikan akses menuju Gunung Ciremai tidaklah terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk kamu yang lebih memilih menggunakan kendaraan umum, berikut biaya yang harus kamu siapkan.

Bagi para calon pendaki Gunung Ciremai yang ingin memilih jalur pendakian lewat Linggarjati, maka rute pertama yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut. Jika dari arah Ibukota Jakarta, maka kamu bisa menggunakan bus dengan tujuan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kamu bisa mulai dari terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, ataupun dari terminal bus lainnya.

Bus dengan jurusan Jakarta – Kuningan yang paling mudah dijumpai adalah Luragung Jaya. Namun jika ingin memilih bus lainnya, kamu tinggal menunggu saja bus yang menuju arah Kuningan. Untuk ongkos transportasi bus sendiri berbeda-beda di setiap terminalnya. Jika kamu dari arah terminal Kampung Rambutan, maka tarif umumnya berkisar antara Rp 35.000 – Rp 50.000 sesuai dengan jenis bus yang kamu pilih.

Setelah sampai di Desa Linggarjati, selanjutnya kamu bisa naik angkutan umum yang mengarah ke Gunung Ciremai. Untuk tarifnya sendiri cukup bervaiatif yaitu antara Rp 8.000 – Rp 12.000. Namun jika ingin lebih cepat, maka kamu juga bisa menggunakan jasa ojek yang ada di lokasi setempat. Untuk tarif ojek menuju ke Gunung Ciremai sendiri sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000, namun kamu bisa melakukan nego untuk mendapatkan tarif termurah.

Biaya Mendaki ke Gunung Ciremai
Selain biaya transportasi, tentu kamu juga akan dikenakan biaya masuk atau biaya pendakian ke Gunung Ciremai. Untuk harga tiket masuk pendakian Gunung Ciremai sendiri mulai diberlakukan kenaikan sebesar Rp 50.000 dari harga tiket semula yang hanya Rp 30.000. Harga tiket masuk pendakian ini berlaku mulai 1 April 2015 yang lalu.

Sedangkan untuk pendaki asal manca negara, tentu tiket masuk yang diberikan juga lebih mahal yaitu berkisar antara Rp 200.000 – Rp 300.000. Biasanya kamu juga akan ditawari jasa Guide. Jika ingin menggunakannya, tentu biaya estimasi pun juga harus kamu tambah. Karena umumnya untuk tarif Guide sendiri terbilang cukup mahal, jadi sebaiknya melakukan pendakian bersama teman atau kelompok lainnya agar lebih terjangkau.


Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Ciremai, sedikit saran untuk bisa menghemat estimasi biaya mendaki, maka sebaiknya ajak serta rombongan atau teman pendaki lainnya. Karena dengan begitu kamu bisa sedikit meminimalisir pengeluaran yang ada. Selain itu siapkan segala keperluan selama proses pendakian berlangsung. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi badan agar lebih prima saat pendakian dilakukan.

0 komentar

Post a Comment