Biaya Pendakian Gunung Bromo

Foto:@krinkleman

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Bromo – Pesona keindahan Gunung Bromo seakan memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya bagi para wisatawan lokal, melainkan banyak wisatawan asing yang rela meluangkan waktunya demi menikmati keindahan yang ada di Gunung Bromo ini. Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapai aktif di Jawa Timur yang mana membentang ditiga Kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan dan Probolinggo.

Gunung ini selain populer di kalangan wisatawan, ternyata juga menjadi sasaran wisata pendakian yang seru untuk dilakukan. Tidak heran jika banyak pendaki yang berbondong-bondong untuk mencapai puncak tertinggi Gunung Bromo. Untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan mendaki ke Gunung Bromo. Maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Bromo yang bisa kamu ketahui secara lebih lengkap dan detail.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Bromo
Kawasan wisata Gunung Bromo yang selalu dipadati ribuan wisatawan, membuat niatmu semakin kuat untuk pergi ke sana. Jika kamu memiliki niat untuk melakukan petualangan pendakian ke Gunung Bromo dalam waktu dekat ini. Maka persiapkan segala kebutuhan mulai dari sekarang, baik itu peralatan pendakian, kondisi fisik hingga biaya yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi tujuan.

Sebenarnya wisata mendaki Gunung Bromo tidak semahal yang kamu bayangkan. Selama kamu bisa mengatur keuangan dengan baik, maka biaya pun juga bisa kamu minimalisir sebaik mungkin. Kini dengan biaya seadanya pun kamu bisa melakukan perjalanan wisata ke Gunung Bromo. Namun sebelum itu perhatikan rincian daftar estimasi biaya mendaki Gunung Bromo mulai dari awal keberangkatan hingga selesai pulang nanti.

Biaya Mendaki Ke Gunung Bromo
Untuk bisa sampai ke Gunung Bromo, kamu memiliki banyak pilihan transportasi baik itu umum maupun pribadi. Namun demi menghemat biaya, pilihan untuk menggunakan transportasi umum menjadi solusinya. Kali ini perjalanan akan dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta menuju pegunungan Tengger kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.

Kamu bisa menggunakan kereta api ekonomi Kertajaya jurusan Jakarta – Surabaya. Untuk tarifnya sendiri sangat murah yaitu Rp 120.000. Setelah sampai ke stasiun Pasar Turi Surabaya, perjalanan masih harus kamu lanjutkan menuju terminal Bungurasih. Di sini kamu bisa menggunakan angkutan umum yang ada, tarifnya sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000.

Jika sudah tiba di terminal Purbaya Bungurasih, silahkan untuk mencari bus antar kota dengan jurusan Surabaya – Probolinggo. Tarifnya sendiri sekitar Rp 30.000, namun tergantung dari jenis bus yang kamu gunakan. Setelah itu perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan menggunakan mini bus jurusan Bromo. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 30.000, namun biasanya bus ini terakhir beroprasi sekitar pukul 16.00 – 17.00. Jika sudah melewati jam tersebut, silahkan menggunakan jasa ojek.

Sesampainya di kawasan Gunung Bromo, maka perjalanan melewati padang pasir yang sangat luas bisa kamu tempuh dengan menggunakan beberapa transportasi seperti jeep, kuda, dan ojek motor. Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggunakan kuda tunggang dengan tarif sekitar Rp 70.000 – Rp 100.000. Namun jika ingin menggunakan jeep biayanya sekitar Rp 500.000, sedangkan ojek motor sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000.

Selain biaya tersebut, kamu juga harus mengeluarkan tarif tiket karcis masuk ke Gunung Bromo yaitu Rp 32.500/orang. Jika ingin menggunakan penginapan setempat maka kamu perlu menambah tarif sekitar Rp 100.000 – Rp 500.000/malam, tergantung fasilitas penginapan yang ditawarkan.


Dengan rincian biaya estimasi mendaki Gunung Bromo di atas, setidaknya kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan. Biaya tersebut belum termasuk kebutuhan makan, jajan, dan lain-lain. Jadi persiapkan biaya tambahan untuk kebutuhan tersebut.

0 komentar

Post a Comment