Biaya Pendakian Gunung Binaiya

Foto:@sopianhadiku_

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Binaiya – Perjalanan pendakian tidak akan berhenti sampai di sini saja. Sebagai negara dengan jajaran gunung-gunung yang menjulang, tentu kegiatan mendaki akan semakin seru untuk kamu lakukan. Jika kamu ingin menahklukan puncak seven summits of Indonesia, maka kali ini pendakian bisa kamu lanjutkan menuju wilayah Maluku.

Di Maluku tentu kamu pernah mendengar nama Gunung Binaiya. Gunung Binaiya adalah salah satu gunung tertinggi di Provinsi Maluku tepatnya berada di Pulau Seram. Ketinggian gunung ini mencapai 3.055m dpl, namun sejak tahun 1993 puncak tertingginya dilarang untuk digunakan sebagai kegiatan pendakian dengan alasan konservasi. Kamu hanya bisa mencapai puncak kedua triangulasi dengan ketinggian 3.027m dpl.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Binaiya
Meskipun bukan termasuk gunung berapi di Indonesia, namun pendakian menuju Puncak Gunung Binaiya tidaklah mudah. Banyak tantangan yang akan kamu hadapi, namun itu semua sudah sangat wajar di dalam kehidupan seorang pendaki. Rute pendakian yang panjang, medan yang terjal, belum lagi tipe hutannya yang bersifat rawa akan semakin menantang perjalanan pendakian menuju Puncak Binaiya.

Sebelum menuju ke Puncak Binaiya atau puncak tertinggi Maluku, maka perjalanan harus kamu tempuh dengan berbagai rute yang ada. Kali ini perjalanan akan dimulai dari Ibukota Jakarta. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di Pulau Seram Maluku sendiri setidaknya sekitar 2 harian. Jadi segala persiapan harus benar-benar terpenuhi.

Karena letak gunung yang berada di Pulau Seram dengan jarak yang lumayan jauh dari pusat Kota Maluku. Maka berbagai transportasi akan kamu gunakan, mulai dari kapal cepat, bus patas, angkutan umum, ojek, hingga penyewaan boat penyebarangan. Jadi jika ingin ke sana, segala keperluan termasuk estimasi biaya harus dipersiapkan secara detail. Berikut rincian daftar estimasi biaya mendaki ke Gunung Binaiya, Maluku Tengah yang bisa kamu persiapkan.

Biaya Mendaki Ke Gunung Binaiya
Perjalanan akan dimulai dari Ibukota Jakarta menuju Kota Ambon Maluku dengan menggunakan transportasi udara. Di sini kamu bisa menggunakan maskapai Batik Air dengan rute Jakarta – Ambon. Untuk tarif maskapai ini terbilang lebih murah dibanding lainnya yaitu sekitar Rp 1.155.00. Setibanya di Bandara Pattimura Kota Ambon, maka perjalanan masih harus dilanjutkan dengan beberapa transportasi lainnya.

Kali ini perjalanan akan dilanjutkan untuk menuju Pelabuhan Tuhelu yang berada di sisi sebelah timur Kota Ambon. Untuk bisa sampai ke sana kamu bisa menggunakan angkutan umum atau ojek setempat, untuk biayanya sendiri kamu bisa melakukan negosiasi agar penawaran tarif dapat diminimalisir. Setelah sampai sampai di Pelabuhan Tuhelu, kamu bisa menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai, Pulau Seram. Tarif kapal cepat ekonomi sekitar Rp 125.000.

Kamu akan menuju Pelabuhan Amahai, Kota Mosahi yang merupakan pintu masuk Taman Nasional Manusela Gunung Binaiya. Perjalanan masih harus dilanjutkan menuju gardu pendaftaran Simaksi, kamu bisa jalan kaki saja karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Di sana para pendaki harus melakukan pendaftaran di Simaksi. Untuk tiket pendakian Gunung Binaiya sebesar Rp 25.000/pendaki.

Karena waktu pendakian yang cukup mala sekitar 7 – 8 hari, maka segala kebutuhan dan perlengkapan pendakian harus benar-benar kamu siapkan secara baik. Untuk estimasi biaya mendaki di Gunung Binaiya juga bisa menjadi patokan biaya yang harus kamu persiapkan. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya pulang, makan, dan keperluan lainnya. Jika ingin menggunakan jasa Guide, penginapan setempat, atau transportasi lain. Kamu cukup menambahkan biaya saja.


0 komentar

Post a Comment