Biaya Pendakian Gunung Batur Bali

Foto:@lau.aroundtheworld

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Batur Bali – Kita ketahui jika Gunung Agung merupakan gunung terpopuler di Bali sekaligus gunung tertinggi di sana. Namun selain Gunung Agung, Bali juga masih memiliki tujuan pendakian berikutnya yaitu berada di Gunung Batur Bali. Gunung Batur Bali adalah salah satu gunung berapi aktif di Pulau Bali yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Gunung ini tak kalah menariknya dengan Gunung Agung yang berada di Karangasem. Di mana Gunung Batur memiliki Kaldera terbesar di dunia, di dalam Kaldera tersebut terdapat sebuah danau yang berbentuk menyerupai bulan sabit yang diberi nama Danau Batur. Keindahan Danau Batur inilah yang menjadi daya tarik di kalangan wisatawan dan para pendaki. Untuk kamu yang ingin menikmati petualang ke Gunung Batur. Maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Batur Bali.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Batur Bali
Katinggian Gunung Batur yang hanya mencapai 1.717m dpl, membuat para pendaki pemula lebih suka dengan trek yang ada di sini. Karena untuk bisa mencapai puncaknya kamu hanya membutuhkan waktu kira-kira 1,5 – 2 jam saja. Hal ini berbeda ketika kamu melakukan pendakian di Gunung Agung dengan jalur yang lebih panjang dan medannya yang sulit.

Meskipun jalur pendakiannya lebih pendek dengan medan yang lebih mudah, namun saat melakukan pendakian di Gunung Batur Bali kamu sangat dianjurkan menggunakan fasilitas Guide. Hal ini dikarenakan faktor keselamatan dan keamanan setiap pendaki. Namun meskipun begitu, masih banyak pendaki yang nekat melakukan pendakian sendiri tanpa menggunakan jasa Guide dengan alasan harga sewanya lebih mahal.

Jika kamu memiliki budget lebih, maka sebaiknya gunakan jasa Guide saja. Namun jika kamu adalah pendaki yang sudah profesional dan memiliki pengalaman pendakian yang cukup banyak. Maka silahkan untuk melakukan pendakian secara pribadi tanpa menggunakan jasa Guide. Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya. Untuk bisa mencapai lokasi Gunung Batur, kamu harus melakukan perjalanan dengan mengambil rute dari mana saja.

Di bawah ini adalah rute perjalanan menuju lokasi Gunung Batur Bali yang dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta. Selain itu penjelasan daftar estimasi biaya mendaki ke Gunung Batur Bali ini juga bisa menjadi bahan perkiraan untuk biaya yang harus kamu persiapkan. Berikut penjelasan tentang rincian daftar estimasi biaya mendaki di Gunung Batur Bali.

Biaya Mendaki Ke Gunung Batur Bali
Kali ini perjalanan bisa kamu mulai dari salah satu terminal yang ada di Jakarta. Silahkan cari bus dengan jurusan Jakarta – Bali, biasanya bus dengan PO Kramat Djati, Sinar Jaya, dan lainnya bisa kamu gunakan. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 408.000, tarif ini lebih murah dibandingkan jika kamu menggunakan transportasi udara.

Bus akan turun di terminal Karangasem, untuk melanjutkan perjalanan menuju Kintamani kamu bisa menggunakan bus mini antar kota. Tarifnya sendiri bervariasi tergantung dari bus yang kamu gunakan yaitu sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000. Setelah sampai di Kintamani, agar perjalanan lebih cepat maka kamu bisa menggunakan jasa ojek sekitar untuk menuju ke Gardu Gunung Batur. Untuk tarif ojek sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000, tergantung negosiasi yang kamu lakukan.

Sesampainya di sana, biasanya kamu akan disambut oleh para Guide yang menawarkan jasanya. Jika kamu ingin menggunakan Guide maka kamu bisa menambahkan biaya sekitar Rp 550.000/Guide. Memang cukup mahal, namun demi keselamatan saat pendakian kamu bisa menggunakannya. Selain itu kamu juga diwajibkan untuk mengurus pendaftaran di Simaksi. Di sana kamu akan ditarik tarif karcis masuk ke Gunung Batur sebesar Rp 75.000/pendaki.


Dengan rincian estimasi biaya mendaki Gunung Batur Bali lengkap di atas. Maka kamu akan lebih mudah memperkirakan biaya yang dibutuhkan dalam kegiatan pendakian ke Gunung Batur Bali. Biaya di atas belum termasuk biaya lainnya seperti penginapan, makan, dan biaya keperluan lainnya.

0 komentar

Post a Comment