Biaya Pendakian Gunung Arjuno


Estimasi Biaya Mendaki Gunung Arjuno – Akhir-akhir ini kegiatan pendakian gunung memang banyak sekali dilakukan. Tak jarang dari mereka rela meluangkan waktunya demi mencapai puncak tertinggi sebuah gunung. Namun tidak hanya itu saja, keindahan dan pesona alam yang dimiliki juga menjadi alasan tersendiri mengapa pendakian selalu seru untuk dilakukan. Belum lagi jika trek yang dilalui begitu menantang adrenalin para pendaki.

Kali ini untuk kamu yang memiliki hobby pendaki, maka Gunung Arjuno di Jawa Timur bisa menjadi lokasi pendakian terbaik untuk kamu pilih. Gunung Arjuno adalah salah satu gunung berapi di Jawa Timur dengan status mati (istirahat). Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.339m dpl dan termasuk gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung. Selain itu Gunung Arjubo membentang di tiga daerah yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan dan Kota Batu.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Arjuno
Bagi para pendaki yang ingin melakukan kegiatan pendakian di Gunung Arjuno, maka berikut daftar rincian estimasi biaya mendaki Gunung Arjuno yang bisa kamu perkirakan. Namun sebelum itu kamu bisa mencapai titik tertinggi ketiga Jawa Timur ini melalui tiga jalur pendakian yang tersedia. Kamu bisa melalui jalur pendakian Lawang yang ada di Kabupaten Malang, jalur pendakian Tretes yang ada di Kabupaten Pasuruan, dan jalur pendakian Batu.

Dari ketiga jalur pendakian tersebut, jalur Tretes menjadi jalur pilihan bagi kebanyakan pendaki. Selain lebih dekat, akomodasi mencapai jalur pendakian ini juga lebih mudah sehingga banyak pendaki yang lebih memilih jalur Tretes sebagai titik awal pendakian mereka. Gunung Arjuno sendiri juga memiliki empat puncak yang bisa kamu datangi, yaitu Arjuno, Welirang, Kembar 1 dan Kembar 2.
Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Arjuno dalam waktu dekat ini, maka berikut daftar estimasi biaya mendaki Gunung Arjuno lengkap yang bisa kamu siapkan mulai dari sekarang. Estimasi di bawah ini hanya untuk biaya transportasi keberangkatan dan juga biaya pendakian Gunung Arjuno. Berikut rincian biayanya.

Biaya Mendaki Ke Gunung Arjuno
Kali ini perjalanan akan kami mulai dari Pusat Ibukota Jakarta menuju jalur perdakian via Tretes Kabupaten Lumajang. Seperti biasanya untuk bisa sampai ke lokasi pendakian, kamu bisa menggunakan sejumlah transportasi baik dari udara maupun darat. Namun untuk menghemat biaya, kamu bisa memilih untuk menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api ekonomi. Untuk mempersingkat waktu, maka pilihan menggunakan kereta api adalah solusinya.

Kamu bisa menggunakan kereta api ekonomi dari stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Ambil jurusan Jakarta – Malang. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 110.000 – Rp 120.000. Setelah sampai di stasiun Arjosari Malang, maka perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan menggunakan bus mini menuju Kecamatan Tretes, Pasuruan. Tarif angkutan standar sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000, tergantung dari bus yang kamu gunakan.

Setelah sampai di terminal Tretes Pandaan, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pos 1 Arjuno dengan menggunakan jasa ojek setempat dengan tarif sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000. Namun sebelum menggunakan jasa ojek, lakukan negosiasi untuk mendapatkan tarif termurah. Sesampainya di Pos 1 jalur pendakian Tretes, silahkan untuk melakukan pendaftaran di Simaksi dengan membayar tiket karcis sebesar Rp 5.000/orang.


Di dalam aktivitas pendakian tentu pengeluaran biaya lain akan selalu ada, misalnya saja untuk makan, biaya basecamp, dan lain-lain. Dengan estimasi biaya mendaki ke Gunung Arjuno di atas. Maka kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang kamu butuhkan selama proses pendakian berlangsung. Mulai dari awal keberangkatan hingga biaya pulang nanti.

0 komentar

Post a Comment