Biaya Pendakian Gunung Agung Bali


Estimasi Biaya Mendaki Gunung Agung Bali – Memiliki hobby mendaki memang sangat seru untuk dilakukan. Selain akan memberikan pengalaman istimewa, mendaki gunung juga dapat dijadikan sebagai pengisi waktu liburan yang seru dan penuh tantangan. Untuk kamu yang hobby mendaki Gunung, maka kali ini pilihan untuk pergi ke Pulau Bali adalah yang paling tepat. Pulau Bali memiliki salah satu gunung tertingginya bernama Gunung Agung.

Gunung Agung adalah salah satu gunung berapi yang terletak di Pulau Bali. Gunung ini merupakan yang tertinggi di Pulau Bali, yang mana ketinggiannya mencapai 3.142m dpl. Namun, setelah erupsi yang dialaminya ketinggian gunung berkurang menjadi 3.044m dpl. Salah satu gunung yang dikramatkan oleh masyarakat Bali, di mana gunung ini juga memiliki pesona daya tarik yang begitu luar biasa. Untuk kamu yang ingin ke sana, berikut estimasi biaya mendaki Gunung Agung Bali.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Agung Bali
Untuk bisa mencapai Puncak Gunung Agung terdapat dua jalur pendakian yang bisa kamu gunakan, yaitu jalur pendakian via Pura Besakih dan jalur pendakian via Pasar Agung. Namun dari dua jalur tersebut, umumnya para pendaki lebih memilih jalur dari Pura Besakih. Alasannya jalur ini lebih ramai dibanding jalur lain. Selain itu jalurnya lebih pendek dan medannya juga lebih mudah, namun tetap penuh tantangan.

Saat mendaki Gunung Agung, kamu memiliki dua pilihan tujuan pendakian yaitu puncak 1 (puncak tertinggi) dan puncak 2. Untuk bisa mencapai puncak 1, kamu membutuhkan waktu pendakian kira-kira selama 5 – 6 jam. Namun jika kamu memilih mendaki ke puncak 2, maka waktunya lebih cepat yaitu sekitar 3,5 – 4 jam. Umumnya para pendaki domestik lebih suka mencapai ke puncak 2 karena jalurnya lebih dekat dan medan pendakian juga tidak terlalu membahayakan.

Jika dalam waktu dekat ini kamu berniat melakukan pendakian di Gunung Agung Bali. Maka berikut ada daftar rincian estimasi biaya mendaki Gunung Agung Bali yang bisa menjadi informasi tambahan untuk kamu. Biaya mendaki ke Gunung Agung Bali ini terbagi atas biaya transportasi keberangkatan juga biaya tiket masuk Gunung Agung Bali.

Biaya Mendaki Ke Gunung Agung Bali
Seperti biasanya untuk sampai ke lokasi tujuan, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi baik via jalur darat maupun udara, tergantung dari budget yang kamu miliki. Karena Gunung Agung berapa di Pulau Bali, di mana terletak di bagian timur Pulau Jawa. Maka kali ini perjalanan akan dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta dengan menggunakan bus antar Provinsi untuk menghemat biaya.

Kamu bisa menggunakan bus jurusan Jakarta – Bali dengan PO Sinar Jaya, Lorena, Kramat Djati atau lainnya. Untuk tarif bus sendiri sekitar Rp 408.000 dan turun di terminal Karangasem. Untuk bisa mencapai jalur pendakian via Pura Besakih, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum yang ada di sekitar untuk menuju Kecamatan Rendang. Tarifnya sendiri tergantung dari transportasi yang kamu gunakan.

Setelah sampai di Kecamatan Rendang, kamu bisa menggunakan jasa ojek sekitar untuk mengantarkan ke pendakian via Pura Besakih. Tarifnya sendiri terbilang cukup mahal yaitu sekitar Rp 50.000 – Rp 70.000. Jika sudah sampai di Gardu Pura Besakih, silahkan untuk melakukan pendaftaran Simaksi dengan biaya Rp 20.000/pendaki.


Dari estimasi biaya mendaki ke Gunung Agung Bali via Pura Besakih di atas, maka kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang kamu butuhkan selama pendakian berlangsung. Biaya di atas belum termasuk biaya lain yang meliputi kebutuhan makan, penginapan, lain-lain.

0 komentar

Post a Comment