Tipe Tipe Pendaki Gunung

Foto:@rimayukianti


Setiap pendaki gunung tentu memiliki gayanya masing-masing baik saat mempersiapkan pendakian sampai saat menjalankan proses mencapai puncak gunung. Tentunya jika anda salah satu dari pecinta alam yang suka mendaki pastinya memiliki style sendiri yang bisa dilakukan saat sedang mendaki gunung. Anda juga bisa memperhatikan berbagai perbedaan style tersebut untuk membedakan gaya para pendaki. Berikut beberapa macam pendaki yang mungkin bisa anda temukan yaitu :

Pendaki Berpengalaman
Untuk pendaki yang sudah terbiasa melakukan kegiatan ini tentu sudah mengetahui dengan baik berbagai macam barang yang harus dibawa serta diperhatikan selama perjalanan mendaki. Tentu saja mereka yang sudah profesional juga sudah memiliki perlengkapan mendaki yang lengkap dan bahkan sudah mendaki ke berbagai gunung dan menaklukkan puncaknya.

Pendaki Masih Pemula
Biasanya mereka masih belum memiliki perlengkapan mendaki yang lengkap dan masih mencoba-coba untuk membiasakan diri dengan hobi baru tersebut. Sehingga bergabung dengan teman lain yang sudah lebih profesional menjadi pilihan yang tepat agar pendaki pemula ini bisa belajar dari teman-teman lainnya. Mereka yang masih pemula mungkin akan sedikit kaget atau sempat menyerah di tengah jalan, namun masih lebih mudah untuk membangkitkan semangatnya jika rekan lainnya ikut membantu.

Pendaki Super Ribet
Biasanya pendaki ini memiliki barang bawaan yang cukup banyak dan ribet, selain itu mudah merasa lelah dan mengeluh serta cukup sulit untuk diajak bekerja sama dengan anggota rombongan yang lain. Maka peringatkan dengan halus jika keribetan mereka akhirnya mengganggu perjalanan mendaki yang seharusnya menyenangkan, apalagi keluhan mereka terkadang justru membuat anggota rombongan lainnya menjadi tidak bersemangat.

Pendaki Simpel
Pendaki tipe ini tidak ingin ribet dengan berbagai barang bawaan dan persiapan lainnya. Bahkan kebanyakan dari mereka juga menggunakan jasa porter untuk membawa barang bawaan mereka sehingga selama perjalanan bisa fokus untuk mendaki sampai ke puncak. Mereka juga biasanya sangat memperhatikan penampilan dan yang dibawa adalah kamera untuk mengabadikan keindahan alam di sekitarnya. Mereka lebih santai dan fokus pada tujuan utamanya sampai ke puncak.

Pendaki yang Tangguh
Tipe pendaki ini biasanya adalah tipe orang yang paling bisa diandalkan dalam berbagai hal. Tidak hanya profesional tetapi pendaki yang tangguh juga tidak mudah mengeluh dan sudah mengetahui dengan baik medan gunung yang dilalui. Sehingga banyak dari mereka yang justru bisa menjadi pemimpin kelompok dan membantu rekan lainnya menyelesaikan tantangan mendaki sampai ke puncak.

Setiap tipe pendaki memang memiliki efek positif dan negatifnya masing-masing untuk rombongan. Namun yang harus selalu diingat adalah saling membantu dan mengingat teman satu rombongan. Dengan begitu anda dan rombongan akan selamat sampai ke puncak.

0 komentar

Post a Comment