Peraturan Camping di Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Ranu Kumbolo sebuah danau yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) lebih tepat berada di Gunung Semeru.  Untuk bisa menikmati indahnya danau yang memiliki ketinggian 2389 Mdpl ini tentunya kamu harus melakukan trekking ke Gunung Semeru dan sebelum trekking harus mengurus simaksi di Ranu Pane yaitu pos pendakian gunung semeru.

Ranu kumbolo dapat ditempuh dari titik pendakian (ranu pane) kurang lebih trekking 3 jam dengan melewati kawasan hutan lereng gunung lawu namun sampai runu kumbolo jalan sudah bagus hanya saja pas mau sampai masih tanah. Ranu kombolo juga dijadikan sebagai area camping para pendaki sebelum menuju titik tertinggi gunung semeru.


(Foto:@timmyaftnsa )

Hal yang perlu kamu tahu untuk bisa menikmati indahnya danau para dewa dewi ini ada beberapa aturan perihal camping diantaranya:
  • Mendirikan tenda di area Savana atau Pos Empat yang dapat kamu jumpai setelah turun dari jalur trekking pertama
  • Mendirikan tenda di dekat shelter yang ada MCK nya jangan sekali-kali camping yang sudah ditentukan dari TNBTS
  • Tidak boleh mendirikan tenda dekat danau pihak TNBTS sudah memberi jarak yaitu 15m dari bibir danau yang ngeyel di jegurne
  • Tidak diperkenankan mencuci di danau, ingat 15 m ngeyel lagi di jewer :D
  • Tidak boleh mandi di Ranu Kombolo, ngeyel dilelepne
  • Untuk kamu yang suka buang hajat sembarangan jangan kwatir Semeru khususnya ranu kombolo sudah ada toilet basah kamu bisa menggunakanya sesuai aturan.
  • Dan yang terakhir yaitu para pendaki tidak boleh membuat Api Unggun namun pihak TNBTS menggatikanya atau difasilitasi di deket shelter, jadi kalo mau api unggun camping deket shelter jangan di pos papat.
Dengan adanya aturan terbaru camping di Ranu Kumbolo diatas semoga para pendaki lebih faham dan mentaati karena alam ini milik bersama maka kita harus jaga bersama-sama.

Perlu sobat Gunung tahu ranu kombolo di bulan-bulan tertentu memiliki suhu yang minus sehingga kamu jika berniat camping disini harus mempersiapkan perlengkapan yang cukup khususnya jaket yang memiliki fitur bagus sehingga nanti tidak kedinginan.

Sumber:gunung.id

0 komentar

Post a Comment