Misteri Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat

Foto@trendych


Gunung Rinjani terkenal dengan keindahannya, maka tidak heran gunung yang satu ini menjadi destinasi pendakian. Namun di balik pesonanya yang indah dan cantik ada beberapa kisah mistis yang akan menemani pendakian kamu. Ingin tahun? Berikut ini misteri Gunung Rinjani.

  • Gunung Rinjani dan Dewi Anjani

Nama Rinjani berasal dari Bahasa Jawa Kuno, “Rinjan” yang berarti Tuhan. Maka dari itu, penduduk sekitar percaya bahwa berdoa di atas puncak Gunung Rinjani, kita akan bisa lebih dekat dengan Tujuan. Misteri di Gunung Rinjani sendiri tidak terlepas dengan Dewi Anjani, yakni seorang putri raja yang cantik jelita.
Kisahnya, Dewi Anjani jatuh cinta pada rakyat biasa. Tentu saja hal ini ditentang oleh sang raja. Sehingga, Dewi Anjani pergi ke sebuah gunung di Lombok untuk bersemedi. Kala itu, jin – jin yang ada di gunung memutuskan untuk mengkat dirinya sebagai penguasa Gunung Rinjani.
Pada waktu tertentu, istana Dewi Anjani menampakkan diri. Biasanya pendaki melihat penampakan tersebut di Segara Muncar. Konon itulah istana gaib Dewi Anjani yang merupakan penguasa tertinggi kedua di Indonesia.

  • Permukiman jin di Gunung Baru

Di tengah Segara Anak terdapat gunung kecil, yakni Gunung Baru. Walaupun berukuran kecil, gunung yang satu ini sering kali mengeluarkan asap sebagai pertanda gunung berapa. Beberapa penduduk sekitar percaya bahwa Gunung Baru merupakan tempat bermukimnya pada jin. Konon, jin – jin tersebut ingin membangun sesuatu. Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa batuan yang tersusun rapi di kaki gunung.
  • Area terlarang

Sama halnya dengan gunung lainnya, Gunung Rinjani memiliki mitos tentang area terlarang. Memang belum ada pembuktian, namun ada cerita bahwa dulu ada pendaki yang nekat memasuki area terlarang tersebut. Alhasil, pendaki ini tidak pernah kembali bahkan jasadnya pun tidak ditemukan. Padahal dirinya memiliki perlengkapan yang lengkap dan navigasi canggih.
  • Ramalan umur dari Segara Anak

Segara Anak menjadi daya tarik bagi pendaki yang menuju ke Gunung Rinjani. Kecantikannya memang bisa memukau siapa saja. Namun begitu, ada juga mitos di baliknya. Di mana pendaki bisa membaca umur mereka melalui Segara Anak.
Jika pendaki melihat danau ini luas, maka artinya umur mereka akan panjang. Sebaliknya, jika danau ini terlihat sempit, maka umurnya tidak akan lama lagi. Namun hal ini merupakan mitos dan semuanya kembali pada diri sendiri. Ambil saja sisi positifnya yang mungkin mengajak kita untuk berbuat baik selama hidup di dunia, sebab kita tidak tahu kapan ajal menjemput.
  • Gua Susu untuk penyempurnaan ilmu gaib

Gunung Rinjani penuh dengan ilmu gaib. Bahkan ada satu tempat di Gunung Rinjani yang biasa didatangi untuk menyempurnakan ilmu gaib. Ada gua yang bernama Gua Susu yang sering dijadikan sebagai tepat semedi. Saat memasuki mulut gua saja, bulu kuduk terasa merinding.
Di depan dua terdapat banyak kain putih yang digunakan untuk peribadatan golongan tertentu di Gunung Rinjani. Namun jika ada orang berniat jahat, mereka bisa meninggal di Gua Susu ini.
  • Hantu yang menarik kaki pendaki


Ada beberapa pendaki yang mengalami misteri Gunung Rinjani ini. Salah satunya yang cukup terkenal adalah hantu penarik kaki. Pada rute pendakian dari Segara Anak ke Plawangan Senaru ada trek batu yang di sampingnya berupa bibir tebing. Saat melewati rute ini, kaki seakan tertarik ke bawah. Ternyata, ada makhluk yang suka menarik kaki pendaki agar terjatuh. 

0 komentar

Post a Comment