Misteri Gunung Bromo, Tempat Berkumpulnya Para Dewa

Foto@ikianangmkrf 


Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang terletak di Jawa Timur yang memiliki keindahan dan tingginya bisa mencapai 2.329 mdpl. Selain sebagai objek wisata alam gunung Bromo ini juga menjadi gunung terfavorit yang ingin dikunjungi oleh para pendaki gunung. Tak hanya keindahan dan kepopulerannya saja, namun gunung tersebut juga memiliki cerita tersendiri mengenai misteri gunung Bromo.
Ada Beberapa Cerita Misteri Gunung Bromo
  • Pasir Hisap

Cerita misteri selanjutnya adalah mengenai pasir hisap. Kisah yang satu ini juga sama populernya dengan akar gaib. Pasir hisap ini berada dikawasan padang savanna yang berada di gunung Bromo tersebut. Sesuai dengan namanya, pasir ini akan menghisap seseorang atau pendaki gunung yang melintasi gunung tersebut hingga ke bawah tanah. Oleh karena itu, jika Anda pertama kali baru pergi kesana dan belum mengenal tempat tersebut maka sebaiknya Anda bisa menanyakan langsung kepada warga sekitar atau juru kunci mengenai tempat-tempat mistis tersebut.
  • Adanya Akar Gaib di Gunung Bromo

Salah satu cerita misteri gunung Bromo adalah tentang adanya legenda akar gaib. Dimana cerita ini menjadi kisah mistis yang sangat populer di kalangan para pendaki mengenai gunung tersebut. Berdasarkan pendapat ahli spiritual bahwa akar gaib tersebut tumbuh melintang ditengah-tengah lautan pasir yang ada di Gunung Bromo tersebut. Namun, akar gaib ini begitu sangat sulit untuk terlihat oleh orang biasa, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihat akar tersebut.
Berdasarkan cerita dari warga setempat bahwa jika ada pendaki atau orang yang pergi ke gunung tersebut dengan niat yang buruk atau jelek serta tidak menghargai penunggu tempat yang berada di gunung Bromo ini maka orang tersebut bisa menjadi hilang tanpa jejak. Oleh karena itu, jika Anda ingin berkunjung atau ingin mendaki gunung Bromo maka sebaiknya Anda mengetahui semua larangan yang ada dan mematuhinya serta tidak melakukan hal-hal yang aneh.
  • Adanya tempat Penyimpanan Pusaka Para Dewa

Kisah misteri selanjutnya adalah mengenai benda pusaka peninggalan para dewa. Dimana banyak warga sekitar yang mempercayai bahwa gunung Bromo itu memiliki dan menyimpan beragam benda pusaka dari peninggalan kerajaan majapahit. Benda-benda pusaka tersebut juga diyakini oleh masyarakat setempat bahwa benda itu milik para dewa yang dipinjamkan untuk para prajurit kerajaan majapahit yang digunakan untuk berperang. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke gunung Bromo ini maka akan lebih baik jika Anda menjaga sikap agar perjalanan Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan atau halangan.
  • Adanya Istana Raksasa

Mungkin kisah misteri yang ini tidak kalah seru dengan cerita misteri lainnya yaitu adanya pembangunan istana raksasa. Pembangunan istana ini dilakukan oleh ki bromo yang merupakan salah satu penunggu dari gunung Bromo ini. Warga sekitar mempercayai bahwa pada saat Gunung Bromo mengalami erupsi berarti itu pertanda bahwa ki Bromo sedang melanjutkan untuk pembangunan istana yang sangat megah sehingga mempunyai 18 tingkat.
Jika di pikirkan memang tidak masuk akal sama sekali, namun warga setempat memang mempercayai kebenaran tersebut. Bahkan warga setempat juga mempercayai bahwa ki Bromo meminta persembahan yang merupakan hasil palawija agar dapat melanjutkan untuk pembangunan istana tersebut.


Memang jika berbicara masalah misteri tentu sangat banyak sekali, beda tempat maka beda pula cerita misteri tersebut. Namun memang tidak ada salahnya jika Anda mengetahui cerita tersebut terlebih lagi mengenai cerita misteri gunung Bromo. Jadi, seperti diatas ada beberapa cerita misteri yang dapat Anda lihat dan perlu ketahui, terlebih lagi jika Anda ingin berkunjung kesana. Tak hanya itu saja, agar perjalanan Anda menjadi nyaman sebaiknya Anda mematuhi semua aturan dan larangan yang ada disana sehingga Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

0 komentar

Post a Comment