Manfaat Kesehatan dari Hobi Mendaki Gunung

Foto:@sarahboneee

Hobi mendaki gunung selain bisa sebagai kegiatan yang menyenangkan ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mendapatkan manfaat tersebut tentunya menjadi hal yang bisa anda pertimbangkan untuk mencoba melakukan kegiatan menantang ini. Mencoba menyatu dengan alam memang akan memberikan pengaruh yang positif untuk tubuh anda baik disadari ataupun tidak.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Sudah tentu saat sedang proses mendaki gunung maka ada begitu banyak kalori yang akan terbakar. Jika anda melakukannya secara rutin dan sesuai kemampuan tubuh didukung persediaan bekal yang sehat dan tepat maka akan lebih mudah bagi anda dalam menurunkan berat badan secara bertahap tanpa harus merasakan diet terlalu ketat.

Kapasitas Kerja Jantung dan Paru-Paru Meningkat
Saat sedang mendaki gunung maka anda akan menggunakan kekuatan jantung dan paru-paru secara lebih kuat. Maka ketika lebih sering melakukan kegiatan tersebut maka jantung dan paru-paru akan terlatih untuk lebih kuat dalam melakukan tugasnya. Hal tersebut akan membuat anda dapat meminimalisasi resiko serangan jantung atau stroke serta memaksimalkan suplai oksigen dan peredaran darah secara lebih optimal.

Meningkatkan Stamina
Saat akan melakukan proses pendakian tentu anda akan membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang lebih optimal dibandingkan biasanya. Dengan begitu saat anda cukup rutin atau sering melakukan pendakian maka stamina dan daya tahan tubuh bisa terjaga dengan baik, sehingga akan berdampak baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

Media Olahraga Rekreasi
Mendaki gunung tentu bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan dengan suasana menyenangkan. Apalagi anda bisa menikmati pemandangan luar biasa sambil melakukan olahraga tanpa terasa terbebani. Dengan suasana serta semangat yang lebih maka anda tidak akan terasa jika sudah melakukan olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh.

Memperkuat Otot-Otot Pada Kaki
Jika otot kaki anda sudah terlatih untuk menjadi lebih kuat maka jika anda dituntut bekerja yang memang banyak berjalan tidak akan lagi mudah merasa cepat lelah. Tentu berkaitan dengan pekerjaan anda juga akan menjadi lebih optimal ketika kekuatan otot kaki terasah dengan baik terutama saat sering melakukan pendakian ke gunung yang ekstrim.


Mengambil manfaat positif dari kegiatan mendaki gunung memang akan mendorong semangat anda untuk bisa menyelesaikan proses pendakian sampai ke puncak. Namun tentunya perlu diperhatikan jangan sampai karena ingin mendapatkan manfaat yang besar kemudian melakukannya secara berlebihan, tentu saja hal tersebut kurang baik untuk diaplikasikan. Sebaiknya anda membuat jadwal untuk naik gunung dengan menyesuaikan kondisi cuaca serta pertimbangan keselamatan lainnya sehingga anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tanpa harus mengalami berbagai resiko yang tidak diinginkan tentunya.

0 komentar

Post a Comment