Tips Pendakian Aman Untuk Para Pemula


Bagi sebagian orang mendaki gunung adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Jika anda masih pemula dan ingin mencoba salah satu hobi menarik ini maka tentunya melakukan berbagai persiapan penting harus diperhatikan dengan baik. Sehingga selama melakukan proses pendakian berbagai resiko bisa diminimalisasi secara tepat. Tips mendaki gunung untuk pendaki pemula yaitu :

Menjaga Kesehatan dan Stamina
Sebelum berangkat anda perlu memastikan bahwa stamina dalam kondisi baik dan fit. Dengan kesehatan yang optimal serta stamina prima maka anda bisa sampai ke puncak dengan selamat. Apalagi kondisi cuaca dan medan di setiap gunung tentunya berbeda-beda dan akan menyulitkan jika anda dalam kondisi tidak sehat.

Persiapan Konsumsi
Ada beberapa jenis konsumsi yang wajib anda bawa seperti cokelat sebagai cadangan energi, air mineral 1,5 liter 2 botol, roti, nasi, mie instan dan lauk tambahan jika diperlukan. Anda juga bisa membawa kopi atau teh serta air cadangan sehingga selama melakukan perjalanan mendaki tidak sampai kehabisan bekal.

Jangan Malu Jika Merasa Lelah
Tentunya anda akan berangkat secara rombongan dengan beberapa teman lainnya, sebagai seorang pemula mungkin saja anda merasakan lelah di tengah perjalanan. Maka saat merasa sudah cukup lelah maka jangan malu untuk meminta beristirahat sebentar, terbukalah jika ini kali pertama anda melakukan perjalanan pendakian, sehingga anggota rombongan yang lain akan memberikan pengertian serta dukungannya.

Berjalan Dengan Baik Saat Mendaki
Tentu saja trek yang harus dilalui saat mendaki cukup beragam, hal yang perlu anda perhatikan dengan baik adalah tetap kaki harus lentur saat menapak dan fokus pada pijakan. Gunakan alat bantu seperti tongkat atau kayu jika dirasa diperlukan. Jangan ragu untuk meminta bantuan pada rekan lainnya yang memang sudah terbiasa untuk melakukan pendakian dengan baik.

Melatih Otot Kaki dan Keseimbangan
Sebelum anda berangkat mendaki gunung mak ada baiknya untuk melakukan latihan untuk menguatkan otot kaki serta menjaga keseimbangan anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan lari pagi sore setidaknya seminggu sebelum keberangkatan mendaki. Olahraga tersebut akan membantu untuk memaksimalkan kekuatan kaki anda dalam mendaki gunung, sehingga perjalanan akan jauh lebih lancar untuk dilakukan dengan persiapan yang matang.


Sebagai orang yang baru pertama kali atau pemula dalam mendaki gunung memang anda harus benar-benar memperhatikan berbagai hal dengan baik. Tahap persiapan menjadi poin penting yang perlu dipertimbangkan agar selama melakukan pendakian anda bisa menikmati perjalanan tanpa ada hambatan berarti. Dengan persiapan yang matang anda juga bisa sampai ke puncak dengan selamat dan merasakan sensasi menyenangkan saat bisa menyelesaikan rintangan pendakian meskipun masih menjadi pemula dalam dunia tersebut. 

Sumber:Gunung.id

0 komentar

Post a Comment