Macam Macam Shelter Dalam Dunia Pendakian



Dalam aktifitas luar ruang khususnya dunia pendakian banyak istilah atau kosa kata yang kadang kita tidak tahu artinya dan berbagai kegiatan dalam dunia pendakian baik itu safety, bertahan di Hutan dll. Bagi kamu para pendaki mungkin sudah pada kenal yang namnya shelter ia namun bagi para pemula yang baru terjun shelter itu apa sih dan fungsinya buat apa.

Untuk itu kita berikan  macam -macam shelter dalam dunia pendakian Gunung:

Macam-macam shelter:
a. Shelter asli alam
Gua : Bukan tempat persembunyian binatang Tidak ada gas beracun Tidak mudah longsor.

b. Shelter buatan dari alam
Syarat bivak (Shelter) :
Hindari daerah aliran air Di atas shelter tidak ada dahan pohon mati/rapuh Bukan sarang nyamuk/serangga Bahan kuat Jangan terlalu merusak alam sekitar Terlindung langsung dari angin.

Secara garis besar fungsi shelter sendiri adalah untuk beristirahat sejenak, maka jika kita dalam tracking tidak menemukan shelter maka shelter buatan bisa dikerjakan fungsinya ia itu tadi buat istirahat kan dalam pendakian tidak tahu kondisi kita, cuaca juga memperngaruhi dalam pendakian loh ia tiba-tiba hujan juga kita harus begegas untuk membuat yang namnya Bivak aagar kita terlindung dari Hujan, bagi yang bawa perlengkapan lengkap bisa mendirikan tenda.

0 komentar

Post a Comment